Tak Berkategori

Pengukuran Kinerja Karyawan

Untuk memastikan bahwa seluruh karyawan, benar-benar bekerja secara produktif untuk mencapai tujuan perusahaan/organisasi Anda, maka kami siap mendampingi Anda dalam penyelenggaraan penilaian kinerja karyawan yang bersifat komprehensif, objektif dan transparan. Penilaian kinerja dimaksud didasarkan pada kriteria kinerja yang jelas dan terukur serta analisis yang objektif.

Penilaian kinerja karyawan merupakan bagian integral dari sistem manajemen sumber daya manusia. Hasil penilaian kinerja merujuk langsung pada prestasi karyawan, yang dapat diganjar baik dengan penghargaan (reward) yang bersifat financial dan non financial reward, maupun dengan pembinaan (reinforcement) melalui kegiatan pelatihan, penyuluhan dan pendampingan (training, counseling, and coaching).

Di samping akan berdampak langsung terhadap peningkatan kinerja dan pertumbuhan perusahaan, sistem penilaian kinerja karyawan dengan kriteria yang jelas dan terukur, akan sangat menguntungkan perusahaan karena membayar dalam jumlah yang tepat kepada karyawan yang tepat (Right payment for the right person and right payment for the right job) Lagi pula, kepuasan karyawan terhadap sistem penilaian kinerja, berpengaruh pada peningkatan kepuasan kerja, komitmen pada organisasi, dan kecenderungan menurunnya turn over.

Ada perusahaan yang hanya mengandalkan uraian pekerjaan (job description) sebagai ukuran apakah seorang karyawan telah bekerja dengan baik. Namun hal itu seringkali mengecewakan karena jobdes memang tidak ditujukan sebagai alat standar penilaian kinerja.

Oleh karena itu, sebelum sampai pada penilaian kinerja karyawan, kami siap mendampingi Anda dalam penyusunan indikator kinerja utama (key performance indicator/KPI) dari masing-masing jabatan. KPI akan menjadikan jobdes yang anda miliki menjadi down to earth, jelas, terukur, tidak multi tafsir, dan berfungsi sebagai salah satu alat ukur penilaian kinerja.

Selain melalui KPI, TMC INDONESIA juga melakukan penilaian kinerja melalui metoda penilaian kinerja 360 derajat (3600 performance appraisal), yaitu instrumen yang digunakan untuk mengukur perilaku kerja karyawan berdasarkan evaluasi dari dua atau lebih sumber, seperti manajer, rekan kerja atau bawahan, bahkan melibatkan pihak luar seperti Pelanggan dan sebagainya.

Show More
Close