Kegiatan

Peningkatan Kualitas Lulusan Sekolah Vokasi

Senang sekali hari ini bisa bersilaturrahmi dan bertukar gagasan dengan Wakil Direktur IV Politeknik Negeri Medan, Bapak Heru Pranoto
Kami berbincang banyak hal tentang peningkatan kualitas lulusan sekolah menengah dan perguruan tinggi vokasi, terutama tentang penajaman standar kompetensi lulusan, agar benar2 dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), di era global industri 4.0.
Sebagai konsultan SDM yang terlibat intens dalam rekrutmen dan seleksi tenaga kerja untuk DUDI, TMC Indonesia seringkali menemukan adanya kesenjangan antara kompetensi teknis dan sikap mental lulusan pendidikan vokasi dengan kebutuhan ril dunia kerja. Politeknik Negeri Medan sebagai PT vokasi dg akreditasi unggulan, juga telah menangkap adanya sinyal kesenjangan tersebut, dengan mengembangkan program sertifikasi kompetensi.
Pembicaraan kami bertemu pada satu titik, perlunya pengembangan secara seimbang kompetensi teknis dengan sikap mental siap kerja pada diri masing2 lulusan pendidikan vokasi. Kita perlu mempertajam kompetensi teknis dengan melibatkan DUDI secara komprehensif, sejak dari perencanaan sampai penilaian akhir kompetensi.
Namun tidak cukup sampai disitu, kita perlu mempersiapkan lulusan dg sikap mental siap kerja, antara lain berupa daya juang dan hasrat berprestasi, kepercayaan diri, kemampuan bekerja tuntas, serta penyesuaian diri dan kemampuan menjadi pekerja pembelajar. Untuk itulah perlunya dilakukan asesmen, konseling, career clinic, dan pendampingan terhadap siswa dan mahasiswa vokasi, secara terencana dan berkelanjutan.
Show More
Close