Kegiatan

Parenting Online Sekolah Nasional Plus Cita Luhur

Senang sekali hari ini bisa berbincang seru dengan Guru dan orang tua hebat Sekolah Nasional Plus Cita Luhur, dalam kegiatan Parenting Online, dengan tema PANDEMI Pandai Pandai Demi Anak.
Meski dilaksanakan secara virtual, kegiatan yang diikuti 59 ortu dan Guru ini, rasanya seperti berjumpa langsung, dan pembicaraan mengalir bagaikan ngobrol dengan teman saja. Respon peserta juga seru dan

hebat, pertanyaan demi pertanyaan datang silih berganti. Seperti biasa, waktu terasa cepat sekali berlalu, sehingga banyak ortu yg tidak mendapat kesempatan bertanya, dan akhirnya secara pribadi mengirim pertanyaan melalui WA.
Dalam kesempatan ini, kami berdiskusi lumayan mendalam tentang dilema yg dirasakan orang tua, terutama di era pandemi seperti sekarang ini. Anak harus dijauhkan dari pengaruh gadget, tapi sekarang justru anak belajar harus menggunakan gadget. Anak harus berinteraksi aktif dengan teman sebaya, sekarang anak malah tidak bisa bersosialisasi sama sekali. Bahkan dua hal dilematis ini, menyebabkan sebagian anak jadi ketergantungan pada gadget, jadwal belajar dan disiplinnya jadi merosot, suka membantah dan susah diatur, mudah panik, tertekan dan tantrum.
Solusi terhadap hal-hal dilematis inilah, yang dengan penuh semangat kami perbincangkan sampai akhir sesi. Senang sekali melihat respon orang tua yang antusias, ingin menerapkan segera solusi yang dikemukakan. Karena antusiasme itulah wujud kasih sayang yang utama, yang menjadi kunci keberhasilan dalam pengasuhan anak. Orang tua yang semangat, akan mudah memahami karakter anak Gen Y dan Gen Z, yang tidak suka dimarahi dan dikritik secara langsung dan terbuka.
Orang tua yang antusias ingin anaknya menjadi sesuatu di masa depan, pasti mau berlatih untuk marah sambil tersenyum, mengkritik sambil memuji.
Big thanks kepada Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah dan tim hebat Sekolah Cita Luhur yang telah menggagas acara parenting kece ini. Semoga Cita Luhur semakin dekat dengan cita-citanya, menjadi sekolah bahagia yang paling memahami kebutuhan dan karakter anak.
Show More
Close