Kegiatan

Mewujudkan Pendidikan Medan Berprestasi

Atas petunjuk Kadis Pendidikan Kota Medan Bapak Adlan Prima, senang sekali sore ini bisa berjumpa dan berdiskusi mendalam, tentang upaya terencana dan terukur dalam mewujudkan pendidikan Medan berprestasi, dengan Kasi Sarpras Disdik Kota Medan Bapak Mhd Muliadi, dan beberapa Kepsek hebat Kota Medan hadir, sister Dewi Sri Indriati Kusuma, brader Jamal Husein Harahap, dan brader Samiun Ali.
Kami berbicara banyak hal antara lain tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dalam rangka mendukung PJJ yang efektif dan menyenangkan, Guru tidak saja perlu diberi pelatihan tentang konten, metoda dan kemampuan mengelola pembelajaran daring, melainkan harus pula diberi pelatihan motivasi, agar termotivasi melaksanakan PJJ dengan sepenuh hati, dengan cinta dan penuh semangat. Tidak sekedar mememenuhi tanggungjawab. Untuk itu, perlu dilaksanakan Pelatihan Motivasi Mengajar Anak Dengan Cinta di Era Pandemi.
Kami sepakat bahwa peserta yg yang berhak mengikuti pelatihan ini, adalah Guru2 mata pelajaran yang cerdas dan berkarakter, yg terpilih melalui sebuah asesmen yang komprehensif. Guru2 unggulan inilah yg diharapkan nantinya menjadi Guru Penggerak, yang akan menjadi agen perubahan bagi guru lainnya, untuk melaksanakan PJJ dengan efektif, penuh semangat dan menyenangkan.
Lebih dari pada itu, dengan asesmen yang diikuti oleh seluruh Guru ini, Kepala Dinas dan jajaran terkait serta Kepala Sekolah, akan punya data dan peta yang valid dan jelas tentang potensi Guru2 SMP Kota Medan. Jelasnya, dari data itu akan terlihat secara gamblang berapa potensi Guru Kota Medan yang berkarakter, memiliki komitmen, daya juang, hasrat berprestasi, kepercayaan diri dan interaksi sosial yang baik, serta hebat di bidang Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris dsb.
Diskusi yg seru namun berjalan penuh canda tawa ini, tak terasa telah menghabiskan waktu dua jam lebih. Kami berpisah sebelum adzan Magrib, sambil berjanji akan berjumpa lagi dengan Kepala2 Sekolah hebat lainnya yang hari ini tidak berkesempatan hadir, untuk membuat rencana tindak lanjut.
Demi melihat semangat teman2 hebat ini, jadi teringat apa yang disampaikan Bapak Kadis Pendidikan, bahwa Medan itu hampir memiliki segalanya, SDM Guru dan Kepala2 Sekolah hebat, infrastruktur pendidikan dan penguasaan IT yang relatif lebih baik, serta jejaring stakeholder yang luas.
Beliau menggarisbawahi bawa tugas utama saat ini adalah bagaimana menghimpun potensi2 tersebut menjadi kekuatan untuk memajukan pendidikan Kota Medan.
Berbagai langkah untuk menyatukan potensi hebat Medan itu telah diayunkan, termasuk pertemuan hari ini.
Show More
Close