Kegiatan

Mempertajam Kompetensi dan Karakter Lulusan SMK

Senang sekali bisa berbincang hangat dengan Kepala2 SMK hebat
Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, tentang upaya mempertajam kompetensi dan karakter lulusan SMK.
Kompetensi dan karakter tersebut memang menjadi dua hal yg krusial bagi lulusan SMK dan hangat dibicarakan dalam pertemuan ini, terutama apabila dilihat dari peluang lulusan SMK memasuki Industri dan Dunia Kerja (Iduka), dan peluang untuk membuka usaha secara mandiri.
Ada siswa yang secara teknis kompeten, tapi tidak memiliki karakter yang dibutuhkan oleh Iduka dan usaha mandiri, seperti tanggungjawab untuk bekerja tuntas, cepat belajar dan menyesuaikan diri dg lingkungan pekerjaan, serta ramah dan ringan tangan dalam melayani.
Untuk mengembangkan kompetensi dan karakter tsb secara efektif dan efisien, diperlukan pemetaan komptensi dan karakter siswa, sejak dini bahkan sebelum proses pembelajaran dimulai. Hasil pemetaan akan sangat membantu Guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah, dan orang tua dalam mengasuh anak di rumah, serta mempermudah guru dan orang tua, dalam menjalin sinergitas mengantarkan anak menjadi pekerja di Iduka, atau menjadi wirausaha.
Di akhir pertemuan, kami bersepakat untuk membangun kesepahaman dan merintis kerjasama, dalam melakukan asesmen secara terencana dan berkelanjutan, untuk tujuan mempertajam kompetensi dan karakter siswa, sehingga lulisan SMK lebih banyak yang sukses mengembangkan usaha sendiri atau lebih banyak terserap oleh iduka.
SMK Hebat…SMK Bisa!!!
Show More
Close