Kegiatan

Bersatu Memajukan SMK

Rencana Aksi Memajukan SMK..
Senangnya hari ini bisa bertukar gagasan tentang Penajaman orientasi lulusan SMK, dengan Kepala2 Sekolah hebat, sekaligus Pengurus MKKS SMK Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi.
Memang banyak hal yang harus digarap serius, manakala ingin lulusan SMK benar2 memiliki kompetensi yang relevan, sehingga mampu diserap maksimal oleh dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Tidak saja kompetensi teknis, dimana lulusan SMK dinilai mampu melakukan suatu pekerjaan sesuai jurusannya, melainkan lebih daripada itu, lulusan SMK harus memiliki sikap mental siap kerja yang sesuai dengan budaya kerja di DUDI.
Sikap mental siap kerja itu antara lain berupa kedisiplinan dan tanggungjawab, kegigihan dan daya juang, kemandirian dan semangat bekerja tuntas, keramahan dan kerendah-hatian, kecepatan mempelajari hal2 baru, dan kemampuan pengendalian diri di bawah tekanan.
Dalam perbincangan ini, kami sepakat perlu dilakukan pendalaman tentang aspek2 kesiapan mental siswa SMK tersebut. Tidak saja pendalaman, melainkan diperlukan pelatihan, pendampingan dan konseling terhadap siswa SMK sejak dini, agar pada waktunya mereka benar2 siap mental untuk bekerja di DUDI, atau berwirausaha, membuka usaha sendiri.
Namun sebelum pendalaman tentang aspek tersebut, perlu ditelusuri terlebih dahulu apakah siswa SMK telah berada pada jurusan yang tepat sesuai bakat minatnya, bukan karena ikut2an teman atau perintah ortu semata. Penelusuran ini penting sekali, karena kalau anak berada pada jurusan yang ia tidak berbakat dan berminat, sulit sekali mengharapkan ia akan diterima oleh DUDI.
Terima kasih kepada Bapak Sahbudiman Dang Raya Saragih, Bapak Eri Susanto dan Ibu Rasimah, atas kehadiran dan sambutan hangatnya. Semoga pada waktunya, gagasan dan kesepahaman tadi dapat dimatangkan menjadi rencana aksi memajukan SMK. Terima kasih pula kepada Bapak Kacabdis Sei Rampah
Yeddi efendi Sipayung, yang telah memberi izin dilaksanakannya pertemuan ini.
Show More
Close